DASAR PEMIKIRAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan adalah mengubah 
anak, yaitu caranya berfikir, marasa, berbuat, dan mengubah kelakuanya. 
Tampaknya, dasar-dasar teknologi pendidikan sederhana saja dan tidak 
mengungkapkan sesuatu yang revolusioner. Guru-guru yang baik sedikit 
telah melakukannya. Mereka juga berusaha mencapai hasil sesuai dengan 
tujuan pelajaran yang ditentukan dengan cara penyajian yang serasi 
berdasarkan metode mata pelajaran, serta pengalaman sebagai guru dan 
kemudian menilai hasil belajar murid sebagai petunjuk tentang 
efektifitasnya mengajar.
Guru yang kurang baik kebanyakan
 mencari jalan yang mudah. Kalau guru itu sudah mengajarkannya dianggap 
bahwa murid sudah tahu. Kalau tidak, maka yang dipersalahkannya adalah 
muridnya dan sering pula sekolah.
Teknologi pendidikan 
mengharuskan guru merumuskan tujuan yang jelas,  memikirkan metode yang 
dianggapnya efektif untuk mencapai tujuan itu. Bila guru menerapkan 
prinsip-prinsip teknologi pendidikan secara konsekuen, maka terbuka 
baginya jalan untuk memperbaiki mutunya sebagai guru, ia akan memandang 
proses mengajar belajar sebagai problema yang tidak berkesudahan yang 
dihadapinya secara objektif dan ilmiah.
Dengan sikap serta usaha 
demikian mengajar akan dapat dikambangkan dan ditingkatkan menjadi  
profesi dalam arti yang sebenarnya.
source via : http://delsajoesafira.blogspot.com/2010/05/dasar-pemikiran-teknologi-pendidikan.html  






0 komentar:
Posting Komentar