DASAR PEMIKIRAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Tujuan pendidikan adalah mengubah
anak, yaitu caranya berfikir, marasa, berbuat, dan mengubah kelakuanya.
Tampaknya, dasar-dasar teknologi pendidikan sederhana saja dan tidak
mengungkapkan sesuatu yang revolusioner. Guru-guru yang baik sedikit
telah melakukannya. Mereka juga berusaha mencapai hasil sesuai dengan
tujuan pelajaran yang ditentukan dengan cara penyajian yang serasi
berdasarkan metode mata pelajaran, serta pengalaman sebagai guru dan
kemudian menilai hasil belajar murid sebagai petunjuk tentang
efektifitasnya mengajar.
Guru yang kurang baik kebanyakan
mencari jalan yang mudah. Kalau guru itu sudah mengajarkannya dianggap
bahwa murid sudah tahu. Kalau tidak, maka yang dipersalahkannya adalah
muridnya dan sering pula sekolah.
Teknologi pendidikan
mengharuskan guru merumuskan tujuan yang jelas, memikirkan metode yang
dianggapnya efektif untuk mencapai tujuan itu. Bila guru menerapkan
prinsip-prinsip teknologi pendidikan secara konsekuen, maka terbuka
baginya jalan untuk memperbaiki mutunya sebagai guru, ia akan memandang
proses mengajar belajar sebagai problema yang tidak berkesudahan yang
dihadapinya secara objektif dan ilmiah.
Dengan sikap serta usaha
demikian mengajar akan dapat dikambangkan dan ditingkatkan menjadi
profesi dalam arti yang sebenarnya.
source via : http://delsajoesafira.blogspot.com/2010/05/dasar-pemikiran-teknologi-pendidikan.html
0 komentar:
Posting Komentar