Senin, 31 Desember 2012

Metode Pengembangan Manajemen Sistem Informasi


Metode Pengembangan Sistem Informasi
Pendekatan system merupakan sebuah metodologi. Metodologi adalah satu cara yang direkomendasikan dalam melakukan sesuatu. Pendekatan system adalah metodologi dasar dalam memecahkan segala jenis masalah. 1.      Sistem Development Life Cycle (SDLC)
Siklus hidup pengembangan system (systems development life cycle-SDLC) adalah aplikasi dari pendekatan system bagi pengembangan suatu system informasi.
SDLC TRADISIONAL
Tidak dibutuhkan waktu lama bagi seorang pengembang system yang pertama untuk mengetahui bahwa terdapat beberapa tahapan pekerjaan pengembangan yang perlu dilakukan dalam urut-urutan tertentu jika suatu proyek ingin memiliki kemungkinan berhasil yang paling besar.
Tahapan-tahapan tersebut adalah :
1.      Perencanaan
2.      Analisis
3.      Desain
4.      Implementasi
5.      Penggunaan
Proyek direncanakan dan sumber-sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan kemudian disatukan. System yang ada juga dianalisis untuk memahami masalah dan menentukan persyaratan fungsional dari system yang baru. System baru ini kemudian dirancang dan di implementasikan. Estela implementasi, system kemudian digunakan idealnya untuk jangka waktu yang lama.
Karena pekerjaan-pekerjaan di atas mengikuti satu pola yang teratur dan dilaksanakan dengan cara dari atas ke bawah, SDLC tradisional sering kali disebut sebagai pendekatan air terjun (waterfall approach). Aktivitas ini memiliki aliran satu arah menuju ke penyelesaian proyek.
Gambar di bawah mengilustrasikan sifat melingkar dari siklus hidup. Ketika sebuah system telah melampaui masa manfaatnya dan harus diganti, satu siklus hidup baru akan dimulai, dengan diawali oleh tahap perencanaan.
Mudah bagi kita untuk melihat bagaimana SDLC tradisional dapat dikatakan sebagai suatu aplikasi dari pendekatan system. Masalah akan didefinisikan dalam tahap-tahap perencanaan dan analisis. Solusi-solusi alternative diidentifikasi dan dievaluasi dalam tahap desain. Lalu, solusi yang terbaik diimplementasikan dan digunakan. Selama tahap penggunaan, umpan balik dikumpulkan untuk melihat seberapa baik system mampu memecahkan masalah yang telah ditentukan.
SDLC adalah tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan programmer dalam membangun sistem informasi. Langkah yang digunakan meliputi :
1)      Melakukan survei dan menilai kelayakan proyek pengembangan sistem informasi
2)      Mempelajari dan menganalisis sistem informasi yang sedang berjalan
3)      Menentukan permintaan pemakai sistem informasi
4)      Memilih solusi atau pemecahan masalah yang paling baik
5)      Menentukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
6)      Merancang sistem informasi baru
7)      Membangun sistem informasi baru
8)      Mengkomunikasikan dan mengimplementasikan sistem informasi baru
9)      Memelihara dan melakukan perbaikan/peningkatan system informasi baru bila diperlukan

0 komentar:

Posting Komentar