Pengertian Belajar Jarak Jauh
Belajar jarak jauh atau disebut juga pendidikan jarak jauh dilaksanakan
dengan memanfaatkan teknologi modern dalam kegiatan pembelajaran tanpa
kehadiran guru secara langsung. Belajar jarak jauh lebih popular
dideskripsikan sebagai belajar melalui telekomunikasi. Secara lebih
formal, belajar jarak jauh didefinikan sebagai suatu bentuk cara belajar
dengan ciri-ciri sebagai berikut: (1) Terpisah secara fisik; (2)
Program pembelajaran terorganisasi; (3) Lebih banyak belajar mandiri;
(4) Pebelajar dapat belajr dimana saja; (5) Menggunakan media
telekomunikasi; (6) Komunikasi dua arah.
Belajar Jarak Jauh dan Telekomunikasi
Belajar jarak jauh dalam arti yang sangat luas menurut Dabbagh &
Ritland (2005), dapat diimplementasikan melalui aplikasi berbagai
teknologi, meliputi audio, video, dan computer, atau teknologi digital.
Teknologi dalam tiap kategori tersebut membantu interaksi.
Peranan Pendidikan Jarak Jauh
1. Peranan Pebelajar
Pebelajar menjadi lebih terlibat dalam kegiatan belajar, namun tetap
menjadi tanggungjawab guru untuk mengorganisasikan pelajaran dan
meningkatkan interaksi serta membimbing pebelajar bagaimana berinteraksi
dengan secara tepat.
2. Peranan Guru
Agar guru dapat mengadakan pengawasan dan berpartisipasi aktif dalam
kaitannya dengan semua program pembelajaran, perlu memperhatikan hal-hal
sebagai beriktu: (a) meningkatkan interaksi dengan guru-pebelajar,
pebelajar-pebelajar yang lain; (b) Menjawab pertanyaan di tempat
manapun; (c) Membantu pemecahan masalah dengan segera; (d) Menyiapkan
quiz dan lembar kerja untuk latihan; (e) Bertanggungjawab dalam hal
pengoperasian alat dan memecahkan kesulitan peralatan.
3. Peranan Teknologi
Dengaan teknologi untuk BJJ yang menyandarkan pada televisi, atau video, guru perlu merubah keberadaan materi pembelajaran.
Fungsi Komunikasi Pembelajaran
Smaldino (2005) mengemukakan beberapa hal yang perlu diperhatikan: (a)
Penyajian informasi; (b) Interaksi guru-pebelajar; (c) Interaksi
pebelajar-pebelajar; (d) mengakses sumber-sumber belajar.
Jenis Sistem Telekomunikasi
1. Siaran Radio
Kelebihan dari siaran radio adalah (a) biaya tidak begitu mahal
dibandingkan televisi; (b) Mempunyai jangkauan luas; (c) Sangat
fleksibel, memiliki efek dramatis terutama untuk cerita, musik, drama,
diskusi; (d) Imaginasi yang menonjol karena hanya menggunakan media
dengar. Sedangkan kelemahan media ini adalah (a) Siaran radio harus
direkam terlebih dahulu; (b) mahalnya operasinya kalau harus merekam
terlebih dahulu; (c) Dibutuhkan dukungan naratif yang bagus; (d) Perlu
ilustrasi musik dan efek suara untuk menggambarkan suasana.
2. Teleconferensi Audio
Kelebihan dari media ini adalah (a) Biayanya relative murah; (b) Mudah
digunakan; (c) Interaktif. Sedangkan kelemahannya adalah (a) Tidak ada
informasi visual; (b) Harus memiliki peralatan khusus bila ingin
suaranya baik; (c) Kurangnya pengalaman menyebabkan kurang
berpartisipasi.
3. Televisi
Kelebihan dari media ini adalah: (a) Ada penampilan visual gerak di
samping audio, sehingga bisa memperjelas gambaran; (b) Memungkan
pembelajaran interaktif; (c) dapat disiarkan dalam jangkauan yang luas;
(d) Informasi segera diterima. Sedangkan kelemahannya adalah (a) Untuk
komunikasi dua arah membutuhkan biaya yang lebih banyak; (b) Memerlukan
teknisi khusus untuk mengatasi masalah peralatan; (c) Perlu penyusunan
skenario khusus pembelajaran; (d) Tidak memiliki hubungan online seperti
halnya dengan internet.
4. Teknologi Online
Kelebihan media ini adalah (a) Biaya lebih efisien; (b) memiliki
kemampuan audio maupun visual; (c) Komunikasi dua arah; (d) Belajar
secara online. Kelemahannya adalah (a) Memerlukan perangkat keras; (b)
Memerlukan kelas yang telah diatur untuk itu; (c) Memerlukan teknisi
khusus.
teknologi pendukung dikelompokkan ke dalam 2 kategori:
1. PJJ yang Sinkron
Merupakan pembelajaran yang terjadi pada waktu yang sama, meskipun tidak
dalam tempat yang sama. Beberapa teknologi pendukung PPJ yang sinkron
adalah telepon, speakerphone, conference call, video conferencing, dan
internet chat.
2. PJJ yang tidak sinkron
Guru dan pelajar dapat berpartisipasi pada waktu yang berbeda dari
lokasi yang sama atau lokasi yang berbeda. Teknologi yang mendukung
adalah telepon, faximile, e-mail, konferensi elektronik, kelas web site
Rabu, 12 Desember 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar