Rabu, 12 Desember 2012

Distance Education

Pengertian Belajar Jarak Jauh
Belajar jarak jauh atau disebut juga pendidikan jarak jauh dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi modern dalam kegiatan pembelajaran tanpa kehadiran guru secara langsung. Belajar jarak jauh lebih popular dideskripsikan sebagai belajar melalui telekomunikasi. Secara lebih formal, belajar jarak jauh didefinikan sebagai suatu bentuk cara belajar dengan ciri-ciri sebagai berikut: (1) Terpisah secara fisik; (2) Program pembelajaran terorganisasi; (3) Lebih banyak belajar mandiri; (4) Pebelajar dapat belajr dimana saja; (5) Menggunakan media telekomunikasi; (6) Komunikasi dua arah.

Belajar Jarak Jauh dan Telekomunikasi
Belajar jarak jauh dalam arti yang sangat luas menurut Dabbagh & Ritland (2005), dapat diimplementasikan melalui aplikasi berbagai teknologi, meliputi audio, video, dan computer, atau teknologi digital. Teknologi dalam tiap kategori tersebut membantu interaksi.

Peranan Pendidikan Jarak Jauh
1. Peranan Pebelajar
Pebelajar menjadi lebih terlibat dalam kegiatan belajar, namun tetap menjadi tanggungjawab guru untuk mengorganisasikan pelajaran dan meningkatkan interaksi serta membimbing pebelajar bagaimana berinteraksi dengan secara tepat.
2. Peranan Guru
Agar guru dapat mengadakan pengawasan dan berpartisipasi aktif dalam kaitannya dengan semua program pembelajaran, perlu memperhatikan hal-hal sebagai beriktu: (a) meningkatkan interaksi dengan guru-pebelajar, pebelajar-pebelajar yang lain; (b) Menjawab pertanyaan di tempat manapun; (c) Membantu pemecahan masalah dengan segera; (d) Menyiapkan quiz dan lembar kerja untuk latihan; (e) Bertanggungjawab dalam hal pengoperasian alat dan memecahkan kesulitan peralatan.
3. Peranan Teknologi
Dengaan teknologi untuk BJJ yang menyandarkan pada televisi, atau video, guru perlu merubah keberadaan materi pembelajaran.
Fungsi Komunikasi Pembelajaran
Smaldino (2005) mengemukakan beberapa hal yang perlu diperhatikan: (a) Penyajian informasi; (b) Interaksi guru-pebelajar; (c) Interaksi pebelajar-pebelajar; (d) mengakses sumber-sumber belajar.
Jenis Sistem Telekomunikasi
1. Siaran Radio
Kelebihan dari siaran radio adalah (a) biaya tidak begitu mahal dibandingkan televisi; (b) Mempunyai jangkauan luas; (c) Sangat fleksibel, memiliki efek dramatis terutama untuk cerita, musik, drama, diskusi; (d) Imaginasi yang menonjol karena hanya menggunakan media dengar. Sedangkan kelemahan media ini adalah (a) Siaran radio harus direkam terlebih dahulu; (b) mahalnya operasinya kalau harus merekam terlebih dahulu; (c) Dibutuhkan dukungan naratif yang bagus; (d) Perlu ilustrasi musik dan efek suara untuk menggambarkan suasana.
2. Teleconferensi Audio
Kelebihan dari media ini adalah (a) Biayanya relative murah; (b) Mudah digunakan; (c) Interaktif. Sedangkan kelemahannya adalah (a) Tidak ada informasi visual; (b) Harus memiliki peralatan khusus bila ingin suaranya baik; (c) Kurangnya pengalaman menyebabkan kurang berpartisipasi.
3. Televisi
Kelebihan dari media ini adalah: (a) Ada penampilan visual gerak di samping audio, sehingga bisa memperjelas gambaran; (b) Memungkan pembelajaran interaktif; (c) dapat disiarkan dalam jangkauan yang luas; (d) Informasi segera diterima. Sedangkan kelemahannya adalah (a) Untuk komunikasi dua arah membutuhkan biaya yang lebih banyak; (b) Memerlukan teknisi khusus untuk mengatasi masalah peralatan; (c) Perlu penyusunan skenario khusus pembelajaran; (d) Tidak memiliki hubungan online seperti halnya dengan internet.
4. Teknologi Online
Kelebihan media ini adalah (a) Biaya lebih efisien; (b) memiliki kemampuan audio maupun visual; (c) Komunikasi dua arah; (d) Belajar secara online. Kelemahannya adalah (a) Memerlukan perangkat keras; (b) Memerlukan kelas yang telah diatur untuk itu; (c) Memerlukan teknisi khusus.

teknologi pendukung dikelompokkan ke dalam 2 kategori:
1. PJJ yang Sinkron
Merupakan pembelajaran yang terjadi pada waktu yang sama, meskipun tidak dalam tempat yang sama. Beberapa teknologi pendukung PPJ yang sinkron adalah telepon, speakerphone, conference call, video conferencing, dan internet chat.
2. PJJ yang tidak sinkron
Guru dan pelajar dapat berpartisipasi pada waktu yang berbeda dari lokasi yang sama atau lokasi yang berbeda. Teknologi yang mendukung adalah telepon, faximile, e-mail, konferensi elektronik, kelas web site

0 komentar:

Posting Komentar